GANGLION (Benjolan yang berisi cairan di tangan)

Ganglion itu apa sih??

Kista Ganglion adalah kista yang terjadi di pergelangan tangan, kaki dan jari jemari, kista ini tidak menimbulkan rasa sakit tetapi dapat menimbulkan pembengkakan seperti buah anggur dimana didalam benjolan kista ganglion terdapat seperti cairan kental, nanah, udara dan beberapa jenis lainnya.
Penyebab paling umum kista ganglion diantaranya :
  • Osteoarthritis adalah penyebab utama pembentukan kista, dan bebrapa faktor penyebabnya umum yang meliputi.
  • Keseleo,
  • Patah tulang,
  • Trauma atau benturan,
  • Radang sendi pergelangan tangan,
  • Peradangan pada selubung tendon,
    Disfungsi salah satu saraf di pergelangan tangan,
  • Pembengkakan di atas punggung tangan atau pergelangan,
  • Terjadi kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Cairan ini berfungsi untuk melumasi sendi sehingga tidak terjadi kerusakan pada tulang rawan pada saat terjadi gerakan atau gesekan,
  • Cairan pelumas (terdapat pada tendon dan urat yang menggerakan tulang) yang bocor ini kemudian membentuk gelembung seperti kapsul (Tendon Seath) yang mendesak kulit sehingga tampak benjolan pada permukaan kulit,
sumber http://www.ahlinyakanker.com/bahaya-ganglion-pada-tubuh/

Pengalaman saya tentang Ganglion, sebelum diangkat rasanya sakit dan nyeri disekitar pergelangan tangan bahkan kadang membuat tangan saya susah di gerakan dan mengangkat barang.
karena rasa sakitnya mengganggu untuk saya akhirnya saya memutuskan untuk mengangkatnya / operasi di
RSPAU dr. ESNAWAN ANTARIKSA di Jl Merpati No. 2 Halim Pk Jakarta 13610
Telp. 8007027, 8007029 Ext. 3021
1. Kenapa saya memilih RS tersebut?
    Karena dekat dengan rumah dan sudah biasa ke RS tersebut.
2. Bagaimana cara berobatnya?
    Di IG saya banyak yang tanya sis gimana sih kalo mau operasi ganglion??
    Pertama saya ke bagian pendaftaran yang NON BPJS, kenapa saya ga pakai BPJS karna pelayanannya
    lebih baik kalau tidak menggunakan BPJS.
    dari pendaftaran minta ke bagian Bedah Umum !! kenapa bedah umum?? kan mau di operasi jadi
    kebagian bedah UMUM.
3. Berapa Biayanya ?
    Tuh ini yang selalu menjadi beban terberat huhuhuhu (sedih ceritanya), estimasi perkiraan awalnya kurang lebih 1 - 3 jutaan but realisasinya ternyata 5 jutaan cin.. menurut saya lumayan mahal sih. tapi hasilnya bagus kog jahitannya juga tidak menimbulkan kloit.
4. Pemulihannya berapa lama ?
    Kurang lebih 3 minggu lah tangan baru bisa kembali normal bisa angkat barang bisa bawa motor dll.

Kira kira begitulah pengalamannya saya tentang GANGLION.

tunggu updatetan terbarunya yoo..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dari Film THE SECRET

Belajar bahasa Thai dengan cepat dan mudah